Iklan (advertising) adalah pemberitahuan yang bertujuan mendordng atau membujuk khalayak. Iklan pada umumnya menawarkan barang atau jasa. Iklan disampaikan melalui media massa. seperti televisi, radio, dan surat kabar. Iklan tegolong ke dalam karya yang bersifat persuatif, yakni menyampaikan bujukan atau ajakan yang mempengaruhi banyak orang. Dengan iklan itu, pendengar atau pembacanya mau membeli produk yang ditawarkan ataupun melakukan hal-hal yang diinginkan oleh pembuat iklan.
Secara umum, iklan yang memiliki baik ciri-ciri sebagai berikut.
a. Isi iklan
1) Objektif dan jujur,
2) Nuenanikmenarik,
3) Singkat dan jelas,
4) Tidak bertetangan dengan SARA dan tidak menyinggung praduk lain,
b. Bahasa Iklan
a) Mudah dipahami
b) Mudah diingat,
c) Berkonotasi positif yang bias mempengaruhi dan meyakinkan khalayak, dan
d) Menimbulkan kepenasararan bagi khalayak.
Dilihat dari bentuknya, iklan diklasifikasikan dalam tiga jenis :
a. Iklan pemberitahuan
Iklan ini lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa peristiwa, keadaan atau hal lainya.
b. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan ini bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contohnya, iklan Keluarga Berencana dan iklan bahaya narkotik.
c. Iklan Penawaran
Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa. Iklan penawaran jasa, sering disebut dengan iklan lowongan kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar