SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG IWAN ALINURDIN SEMOGA BERMANFAAT.

Senin, 12 Desember 2011

MEMAHAMI INFORMASI LISAN DAN TERTULIS


A.      Depinisi Infornasi
Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan ataw pemberitahuan .
Informasi  sifatnya menambah pengetahuan ataupun wawasan seseorang. Karena itu urayan merupakan informasi. Nyanyian dongeng, atau pun cerita pendek, tidak termasuk ke inpormasi. Urayan urayan seperti itu sipatnya memberikan hiburan dan tidak memberikan keluasan pengetahuan dan wawasan bagi yang mencarinya.

CONTOH:
                Secara umum setrtuktur masyarakat terbangun dari dua konponen , yaitu komponen dengan aspek material dan aspek  non material . Aspek material mencakup ,ekonom i , pekerjaan , teknologi , peradaban , sementara itu aspek  nonmaterial mencakup  ilmu pengetahuan ,nilai-nilai , trus , dan lain-lain. secara teoritis yang umum di akui ilmuan sosial , perubahan (baca: kemajuan) aspek material dalam masyarakat berjalan jauh lebih cepat mengalahkan aspek nonmaterial .
               Teori ini tentu saja berlaku untuk semua masyarakat baik itu dalam konteks waktu maupun tempat . Sekarang yang menjadi pertanyaan penting adalah apakah teori yang sama juga berlaku persis untuk kasus Negara kita Indonesia ? apakah ekonomi dan infrastruktur masyarakat kita berjalan lebih cepat ketimbang kemajuan dalam moral dan nilai-nilai ? tulisan ini ingin membandingkanperubahan , perkembangan dan kemajuan kedua komponen struktur sosial masyarakat tersebut secara umum yang berlaku di Indonesia .
Tidak dapat dipungkiri bahwa semenjak brakhirnya pemerintahan Bung Karno . pemerintahan Orde Baru di bawah Pak Suharto memfokuskan pembangunan ekonomi di bawah bidang . Hal ini sangat dimungkinkan karena melambungnya harga minyak dunia , yang menyebabkan pemerintahan memiliki devisa dan anggaran yang melimpah . tidak menghererankan kalau banyak jaringan jalan ke berbabai pelosok di bangun dan diperbaiki  . Demikian juga dengan pembangunan secara fisik lain , seperti jembatan , pasar ,kantor dan sekolah-sekolah
(sumber:http://elfitra.mulply.com).




Terhadap keamanan rel , PT KA juga akan melarang cuti bagi karyawan bidang pengamanan (pam) jalur
 Perlintasan selama pelayanan mudik maupun balik Lebaran 2007 .

B. Menyimpulkan Isi Informasi

           Melangitnya harga bahan pokok dan langkanya minyak setelah kenaikan harga bahan bakar minyak akan menjadi sumber kerawanan sosial yang mudah di picu sewaktu-waktu , terutama menjelang lebaran . Oleh karna itu , pemerintah diimbau tanggap melakukan opersi pasar .
Demikian rangkuman wawancara terpisah dengan ketua dewan perwakilan pemerintah daerah (DPD) Ginandjar Kartasasmita serta wakil Ketua DPD ; Laode ida dan irman Gusman , di Jakarta , Jumat (7/10).
            Ginandjar mengatakan , hanya ada satu cara mencegah dan mengatasi kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan minyak tanah , yaitu memenuhi pasar dengan barang tersebut . para menteri dan pejabat terkait sebaiknya turun langsung ke lapangan untuk melihat di mana ada sumbatan dalam penayaluran bahan pokok dan minyk tanah .
                Irman menyesalkan manajemen pertamina yang kurang gesit mengatasi kelangkaan miyak tanah. Pertamina tidak bias mengilak. Saya sependapat, kelangkaan miyak tanahakan menjadi sumber destabilitas sosial dan politik, ujarnya (sumber : Kompas, 8 Oktober 2005)



Unsur-unsur berita
Uraian
1.       Peristiwa apa yang akan diberikan itu?


2.       Siapa yang melakoni peristiwa itu?




3.       Dimana  pristiwa itu terjadi ?

4.       Kapan pristiwaitu  terjadi ?

5.       Mengapa prisatiwa [tanggapan] itu terjadi ?

6.       Bagaimana tanggapan nya itu? 
Imbauan atsas melangitnya harga bahan pokok dan langkanya minyak tanah

Ketua dewan perwakilan daerah (DPD). Ginanjar kartasasmita dan wakil ketua DPD,laode ida dan irman gusman.


Dijakarta.

Jumat [7/10/2005].

Kenaikan harga bahan bakar minyak.

Pemerintah diimbau tanggap melakukan operasi pasar


Berdasarkan  pokok  pokok itu, beria di atas dapat  diringkas sebagai berikut

Dengan melanmgitnya harga bahan  pokok dan langkanya minyak tanah .
Ketua dewan perwakilan  daerah [DPD]ginanjar kartasasmita dan wakil ketua DPD ,laode ida dan ir man
gusman,jakarta ,jumat(7/10/2005)mingimbau pemerintah untuk tanggap melakukan oprasi
pasar.


                Dari pokok pokok nya i Tu dap[at membuat kesimpulan seperti berikut ,kenaikan harga bahan bakar minyak sering di ikuti melangitnya harga bahan bahan pokok .kondisi tersebut memerlukan perhatian serius untuk mengatasinya .


C.  Teknik membaca cepat

                Membaca cepat dilakukan dengan gerakan mata yang menyapu halaman demi halaman bacaan dengan kecepatan tinggi. Membaca cepat dilakukan dengan berbagai teknik salah satu diantaranya adalah dengan teknik fiksasi berikut langkah-langkahnya.
a.        Sediakanlah keretas yang diberi gambar berupa titik-titik.
b.       Gerakanlah tatapan mata dengan mengikuti titik-titik hitam itu secara cepat.


 































 




c.   ulangi latihan berkali-kali dengan titik hitam yang semakin di jarangkan .
d.  terapkanlah latihan itu terhadap bahan bacaan yang sesungguhnya .balah  suatu halaman bacaan itu secara cepat misalnya , pada baris pertama saja ,baris terahir saja yang kita anggap penting dalam halaman itu

    peruses membaca  cepat dapat dalam berbagai teknik . pemilihan teknik teknik tersebut  bergantung pada jenis bacaannya . bentuk jigjag digunanakan untuk tek yang sulit, bentuk spiral bentuk tek yang aga sulit ,dan bentuk diagonal ataupun pertikal untuk teks yang mudah misalnya kamus atau surat kabar









 









                Bentuk jig-jag                                                                                         bentuk spiral

 


 





                Bentuk diagonal   bentuk vertical

Tidak ada komentar:

Posting Komentar